Tuesday, April 14, 2020

Tips Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur

Memiliki rumah yang nyaman dan asri tentu saja menjadi keinginan banyak orang, untuk itulah Anda bisa menghias rumah menggunakan tanaman. Meskipun saat ini tren tanaman hias sudah tidak seramai dulu lagi, namun masih ada beberapa jenis tanaman hias yang masih populer, salah satunya adalah aglaonema. Tanaman aglaonema atau sering juga disebut dengan nama sri rejeki merupakan salah satu jenis tanaman hias yang masih sering dicari oleh masyarakat dan para penggemar tanaman hias untuk ditanam di rumahnya.

Tanaman aglaonema memang memiliki bentuk yang indah sehingga tidak salah jika aglaonema mendapat julukan ratu tanaman. Tanaman aglaonema memiliki ciri khas bentuk daunnya yang memanjang dengan perpaduan warna hijau dan putih serta bagian tulang daunnya yang berwarna ungu hingga merah jambu. Keindahan dari tanaman aglaonema inilah yang membuat jenis tanaman hias ini masih diburu oleh para penggemarnya. Apabila Anda ingin menghias rumah dengan tanaman aglaonema, maka Anda bisa mengikuti beberapa tips untuk merawatnya di bawah ini.

Tips Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur


1. Perhatikan Media Tanam Yang Digunakan

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk merawat aglaonema agar tumbuh subur adalah dengan memperhatikan media tanam yang digunakan. Perlu Anda ketahui bahwa media tanam memiliki pengaruh yang besar terhadap pertumbuhan tanaman aglaonema. Saat ini Anda bisa menggunakan beberapa jenis media tanam untuk tanaman aglaonema antara lain sekam bakar, pakis, pasir malang, dan cocopeat yang masing-masing memiliki kelebihannya sendiri.

2. Melakukan Penyiraman Secara Rutin

Tips kedua yang juga harus dilakukan agar tanaman aglaonema tumbuh subur yakni melakukan penyiraman secara rutin. Setiap tanaman tentu saja membutuhkan air yang cukup agar bisa tumbuh dengan subur, begitu pula dengan tanaman aglaonema. Perlu Anda perhatikan bahwa sebaiknya penyiraman dilakukan dengan air bersih yang tidak mengandung kaporit, penyiraman idealnya dilakukan satu kali dalam sehari sehingga tanaman mendapatkan pasokan air yang cukup untuk tumbuh.

3. Melakukan Pemupukan

Untuk merawat tanaman aglaonema agar bisa tumbuh dengan subur, Anda juga harus melakukan pemupukan. Hal ini dikarenakan pemupukan memiliki peran yang sangat penting terhadap pertumbuhan tanaman aglaonema, Anda bisa melakukan pemupukan sebanyak satu kali dalam dua minggu dengan tujuan agar tanaman aglaonema bisa tumbuh dengan subur. Beberapa jenis pupuk yang bisa Anda gunakan untuk tanaman aglaonema antara lain NPK, Gandasil D, dan Growmore.

4. MelakukanPengendalian Penyakit dan Hama

Agar tanaman aglaonema bisa tumbuh dengan subur, maka Anda juga harus melakukan pengendalian penyakit dan hama. Sama seperti tanaman yang lain, aglaonema juga rentan terhadap penyakit dan juga hama. Jamur fusarium merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang tanaman aglaonema, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan fungisida. Selain itu Anda juga bisa menggunakan air sabun jika tanaman aglaonema terserang hama kutu kebul.

Aglaonema merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer, Anda bisa mengikuti beberapa tips di atas agar aglaonema bisa tumbuh dengan subur.

0 comments:

Post a Comment