Saturday, October 5, 2019

Cara Paling Mudah Agar Terhindar dari Berbagai Jebakan Bisnis

Sebenarnya ada beberapa penyebab kenapa pada akhirnya wirausaha seperti Anda masuk jebakan bisnis, diantaranya tidak memiliki perencanaan bisnis yang matang yang bisa jadi pedoman dalam menjalankan bisnis, tidak membuat laporan keuangan sehingga Anda tidak tahu pasti apa bisnis Anda alami keuntungan atau justru merugi, Anda tidak menghitung biaya bisnis dengan baik termasuk halnya dalam menggaji diri sendiri secara layak, Anda masih menggabungkan rekening pribadi dengan rekening bisnis, dan tidak tahu kapan harus menyerah dan kapan harus berhenti menjalankan satu bisnis.

Agar Anda tidak masuk ke dalam jebakan bisnis tersebut, berikut ini ada beberapa cara paling mudah yang bisa Anda coba jalankan, sehingga bisnismu bisa benar – benar menghasilkan keuntungan yang tentu saja bisa Anda nikmati. Apa saja itu?

Buat laporan keuangan meski sederhana

Tidak memiliki laporan keuangan sama halnya dengan menyetir kendaraan tetapi tidak tahu jalan. Laporan keuangan ini memiliki peranan yang cukup penting sekali agar Anda bisa tahu apa bisnis yang Anda jalankan tersebut untung atau justru merugi. Dengan laporan keuangan ini Anda juga bisa tahu apa bisnismu bertumbuh atau mandek hanya disitu – situ saja. Laporan keuangan juga dibutuhkan untuk ketahui apa pengeluaran yang Anda lakukan sudah efisien atau belum, sehingga memudahkan Anda pula dalam mengambil keputusan.

Mengamankan kondisi finansial pribadi sebelum mulai berbisnis

Dengan kondisi finansial pribadi dan juga keluarga yang sudah aman, maka Anda bisa berfokus lagi dalam mengejar target bisnis. Keuangan perusahaan juga tak akan tergerogoti oleh kepentingan pribadi, sehingga perusahaan bisa mendapatkan keuntungan secara maksimal.

Punya manajemen arus kas yang baik

Agar kondisi keuangan pribadi dan bisnismu aman, Anda juga dituntut untuk lebih pintar lagi dalam mengelola keuangan dengan sebaik mungkin. Tak hanya sediakan uang operasional bisnis saja, di sini Anda juga harus siapkan keuanganmu untuk situasi yang mendadak serta diluar prakiraan. Sangat disarankan sekali agar Anda memiliki simpanan atau tabungan diinstrumen keuangan yang likuid seperti emas, tabungan, atau deposito. Dengan demikian sumber keuangan Anda dapat diakses dengan lebih mudah.

Punya dana lain agar keuangan pribadi dan bisnismu aman

Dana darurat, apabila Anda bergantung dari penghasilan bisnis maka sangat disarankan sekali supaya dana darurat yang dipersiapkan 2 kali dibanding pegawai biasa. Asuransi khususnya untuk asuransi kesehatan. Manajemen hutan yang baik jangan sampai menunggak sehingga terkena denda hutan jatuh tempo. Dana investasi harus mulai disisihkan untuk hadapi kehidupan di masa datang yang serba kurang pasti.

Demikian informasi tentang cara paling mudah agar terhindar dari berbagai jebakan bisnis yang harus diketahui. Semoga bermanfaat dan menginspirasi.

No comments:

Post a Comment