Friday, July 26, 2019

Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta Berkualitas

Sobat, tidak dapat disangkal bahwa memang sebagian besar pelajar di Indonesia memilih Universitas Negeri (PTN) untuk melanjutkan studi. Biaya dan prestise PTN yang dianggap lebih baik sering menjadi alasannya. Meskipun pada kenyataannya, kapasitas untuk memasuki PTN di lapangan melalui SNMPTN, SBMPTN, Mandiri dan saluran Kejuruan hanya tersedia antara 20-40 persen di setiap rute. Lalu, di mana siswa yang tidak diterima harus mendaftar? Anda bisa masuk PTS.
Eits, jangan pernah berpikir bahwa memasuki PTS berarti Anda tidak pintar atau Anda akan kesulitan mendapatkan pekerjaan, kawan. Banyak PTS juga memiliki program unggulan yang tidak kalah dengan PTN, atau bahkan lebih baik dan menjanjikan di dunia kerja. Ingin tahu tips memilih PTS yang berkualitas?

1. Peringkat kampus
Sobat, semakin tinggi rangking PTS, tentu kualitasnya juga berarti semakin baik. Meski begitu, masih banyak yang mengabaikan peringkat sebuah kampus karena dianggap kurang penting. Nah, untuk mengetahui peringkat universitas baik secara nasional maupun internasional Anda bisa melihatnya di banyak lembaga, seperti Kemenristekdikti, Webometrics, 4ICU, dan sebagainya.

2. Akreditasi kampus
Selain peringkat, Anda juga perlu mengetahui akreditasi. Akreditasi ini akan menentukan apakah suatu perguruan tinggi memenuhi syarat atau tidak. Adakah yang tahu akreditasi itu? Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk menstandarkan kualitas kampus. Semakin tinggi akreditasi, semakin baik citra dan lulusannya. Biasanya perusahaan juga mensyaratkan bahwa karyawan yang diterima setidaknya harus berasal dari institusi yang berkualitas baik.

Fyi, akreditasi dapat dibagi menjadi kelompok Akreditasi A (sangat baik), Akreditasi B (baik), Akreditasi C (kurang), dan tidak terakreditasi. Anda dapat melihat peringkat akreditasi sebuah universitas di situs resmi BAN-PT.

3. Akreditasi jurusan atau program studi
Meski kampus yang Anda pilih sudah terakreditasi dengan baik, tetapi belum tentu jurusannya juga bagus. Jadi, Anda harus benar-benar jeli dalam memilih departemen. Pastikan akreditasi departemen yang Anda pilih juga bagus karena akan sangat memengaruhi pencarian kerja Anda nanti. Anda juga dapat mengakreditasi departemen ini di situs web BAN-PT.

4. Keberhasilan alumni
Kiprah atau kesuksesan alumni dari suatu PTS juga penting untuk Anda pertimbangkan. Jika kampus memiliki banyak alumni yang berprestasi, maka dapat dipastikan bahwa PTS ini memang memiliki kualitas yang baik. Citra alumni juga akan sangat berdampak pada dunia kerja bagi lulusan baru dari PTS.

5. Biaya kuliah
Tentunya banyak dari Anda berpikir bahwa biaya kuliah di PTS sangat mahal. Ini tidak sepenuhnya salah, sobat. Biasanya PTS menawarkan fasilitas yang sangat baik, sehingga biaya kuliah juga lebih mahal. Namun, tidak semua PTS memiliki biaya kuliah yang lebih mahal daripada PTN. Ada juga banyak PTS dengan biaya kuliah yang lebih murah dan peluang beasiswa yang terbuka untuk siswa.

6. Lokasi kampus
Coba cari tahu dan konfirmasi lagi, apakah di sekitar wilayah tempat tinggal atau di provinsi domisili Anda saat ini ada PTS yang berkualitas atau tidak. Jika tidak ada di sana, maka Anda mencari PTS di luar wilayah atau bahkan di luar pulau tempat Anda tinggal. Penting bagi Anda untuk melakukan penelitian ini karena akan melibatkan biaya yang akan Anda keluarkan selama studi Anda. Misalnya, biaya hidup, uang asrama, Uang Kuliah Tunggal (UKT), dan lainnya.

7. Usia kampus
Mengapa Anda melihat berapa umur kampus itu? Yah, mungkin banyak dari Anda berpikir bahwa usia PTS tidak penting. Jangan salah sangka! Logikanya, semakin tua usia suatu PTS, dapat disimpulkan bahwa PTS memiliki citra yang baik di masyarakat, sehingga masih banyak orang yang memilih PTS.

No comments:

Post a Comment