Wednesday, January 16, 2019

10 Tips Memilih POS System Agar Bisnis Semakin Sukses

Apakah ini pertama kalinya Anda mendirikan bisnis ritel? Atau sudahkah Anda menggunakan POS System pada bisnis Anda? POS system, atau Point of Sale ialah komponen utama dari suatu bisnis. POS System bukan hanya sekadar sistem tetapi juga dapat menggabungkan dan menyederhanakan operasi bisnis penting serta memberikan Anda data akurat yang dapat digunakan untuk membuat keputusan bisnis.

Fitur POS System

Beberapa fitur POS System yang berkualitas terdiri dari:
  • Manajemen inventaris
  • Akuntansi
  • Manajemen karyawan
  • Manajemen pelanggan
  • Pelaporan penjualan

Tips Memilih POS System

Tetapi dengan banyaknya POS System, bagaimana caranya agar Anda tahu POS System mana yang tepat untuk bisnis ritel? Untuk itu, Anda tidak perlu pusing. Berikut ialah 10 hal yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih ritel POS System.

1. Biaya pengaturan dan kompatibilitas dengan perangkat keras

Walaupun biaya operasional POS System yang bagus relatif rendah, tetapi biaya awal untuk pemasangan bisa lebih mahal. Anda harus berinvestasi dalam membeli perangkat lunak, laci kas, pemindai barcode, dan banyak lagi. Kecuali POS System yang Anda pilih kompatibel dengan perangkat keras yang Anda miliki saat ini.

2. Pilih Fitur yang dibutuhkan

POS System dapat digunakan pada banyak jenis usaha, mulai dari kafe, salon, pusat kebugaran, hingga toko ritel. Sebagai pemilik usaha ritel, fitur yang dibutuhkan oleh bisnis Anda mungkin berbeda dengan usaha lain. Oleh karena itu, Anda harus yakin bahwa POS System yang Anda pilih memiliki fitur yang tepat untuk membuat bisnis Anda sukses. Sebelum Anda mulai mencari, buat daftar tentang apa saja yang paling dibutuhkan dari POS System dan gunakan ini sebagai dasar untuk pencarian Anda.

3. POS System berbasis cloud

Kini semakin banyak bisnis beralih ke POS System berbasis cloud. Tidak seperti perangkat lunak POS konvensional, , perangkat lunak berbasis cloud menyimpan semua data di cloud - ruang digital yang dapat diakses kapan saja dan di mana saja, yang Anda butuhkan hanyalah koneksi internet. Data diamankan di cloud dienkripsi, dan merupakan tanggung jawab penyedia layanan sistem.

4. Kegunaan POS System

POS System yang bagus ialah yang ramah pengguna atau user friendly, yang dapat digunakan dengan mudah oleh para staf di tempat usaha. Oleh karena itu, pilih POS System yang bagus dan bermanfaat, serta mudah untuk dioperasikan.

5. Prosedur pelatihan

Usaha ritel terkenal dengan tingkat pergantian staf yang tinggi. Akibatnya, pelatihan ekstensif yang dilakukan akan menguras waktu staf senior Anda. Namun, dengan memilih POS System ritel yang ramah pengguna dan banyak menawarkan sumber daya pelatihan, Anda dapat merampingkan proses pelatihan dan mempercepat kemampuan staf dalam waktu singkat.

6. Mendukung pertumbuhan bisnis

POS System berbasis cloud dapat mendukung beberapa outlet dan register. Cara menambahkannya ialah hanya dengan mengklik tombol yang ada pada cloud tanpa ada biaya jaringan. Setelah semua outlet dan register Anda diaktifkan, dashboard pusat tunggal memungkinkan Anda untuk melihat semua data secara keseluruhan.

7. Pelacakan Inventaris

Kontrol inventaris konvensional biasanya memakan waktu, tetapi sebagian besar POS System dapat memudahkan Anda dalam mengelolanya. Hal ini penting jika Anda memiliki banyak cabang atau gudang dan Anda ingin mengetahui informasi tentang stok saat ini, seperti stok barang masuk, dan atau stok di lokasi ritel lainnya yang diperlukan untuk operasi harian.
POS System yang baik dapat membantu Anda lebih dari sekedar untuk melacak inventaris. Kini POS System menawarkan berbagai pilihan seperti pembuatan pesanan pembelian, pengingat stok ulang, transfer stok antar lokasi, dan yang lainnya.

8. Integrasi dengan perangkat lunak pihak ketiga

Meskipun perangkat lunak yang dilengkapi dengan POS System dapat emmberikan banyak fitur hebat dan bermanfaat, Anda juga harus mempertimbangkan cara mengintegrasikannya dengan perangkat lunak pihak ketiga karena hal ini dapat semakin memperlancar operasi bisnis Anda.
Integrasi dapat menghemat banyak tenaga kerja dalam hal entri ganda atau lebih. Integrasi pihak ketiga secara dapat membantu menyederhanakan banyak proses bisnis sehari-hari, jadi ketika Anda memilih POS System, periksa area integrasi apa yang tersedia.

9. Pelaporan

Agar bisnis Anda berhasil, Anda harus memahaminya sebaik mungkin. Hal ini berarti Anda harus memiliki akses ke data yang akan memudahkan Anda dalam membuat keputusan yang tepat. Semakin banyak pilihan pelaporan yang dapat ditawarkan oleh suatu POS System, maka semakin dalam Anda mendapatkan informasi spesifik yang dibutuhkan untuk mengetahui data tentang bisnis Anda.

10. Dukungan Pelanggan

Ketika memilih suatu POS System, Anda tidak hanya membeli perangkat lunak, tetapi juga menjalin hubungan dengan penyedia yang dapat mendukung kesuksesan jangka panjang bisnis Anda. Salah satu layanan terpenting yang dapat ditawarkan oleh penyedia POS System yang bagus adalah adanya dukungan pelanggan yang baik.

No comments:

Post a Comment